Pelaksanaan Pembelajaran Seni Rupa Oleh Guru Seni Budaya Pada Tiga SMA di Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso.

BAWIAS, EDDYSON SCHERMAN (2016) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Rupa Oleh Guru Seni Budaya Pada Tiga SMA di Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (75kB)

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana kinerja guru seni budaya dalam menerapkan mata pelajaran seni rupa pada tiga SMA yang berada di wilayah Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah dalam kesesuaiannya dengan perencanaan, proses pelaksanaan dan proses penilaian atau evaluasi serta mengacu pada standar proses yang ada atau tidak. Data yang disaring bersumber dari guru seni budaya sabagai pelaku pembelajaran, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan siswa. Penjaringan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Kriteria penilaian dalam penelitian ini mengacu pada Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang standar proses. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran seni rupa oleh guru seni budaya pada tiga SMA di wilayah Kecamatan Pamona Puselemba sudah sesuai dengan standar proses, (2) proses pelaksanaan pembelajaran seni rupa oleh guru seni budaya pada tiga SMA di wilayah Kecamatan Pamona Puselemba sudah sesuai dengan standar proses, dan (3) proses penilaian pembelajaran seni rupa oleh guru seni budaya pada tiga SMA di wilayah Kecamatan Pamona Puselemba sudah sesuai dengan standar proses. Meskipun ada beberapa kriteria yang belum tertuntaskan yakni (a) SMA GKST 1 Tentena Kecamatan Pamona Utara, sekitar 10 item dari 24 item kriteria penilaian perencanaan pembelajaran, masuk dalam kategori cukup, 20 item dari 31 item kriteria penilaian proses Pelaksanaan pembelajaran, masuk dalam kategori kurang dan 12 item dari 19 item kriteria penilaian proses hasil atau evaluasi pembelajaran masuk dalam kategori kurang.(b) SMA GKST 2 Tentena Kecamatan Pamona Puselemba sekitar 5 item dari 24 item kriteria penilaian perencanaan pembelajaran, masuk dalam kategori baik, 4 item dari 31 item kriteria penilaian proses Pelaksanaan pembelajaran, masuk dalam kategori amat baik dan 4 item dari 19 item kriteria penilaian proses hasil atau evaluasi pembelajaran masuk dalam kategori baik. (c) SMA Negeri I Pamona Utara Kecamatan Pamona Utara sekitar 8 item dari 24 item kriteria penilaian perencanaan pembelajaran, masuk dalam kategori baik, 15 item dari 31 item kriteria penilaian proses Pelaksanaan pembelajaran, masuk dalam kategori cukup dan 10 item dari 19 item kriteria penilaian proses hasil atau evaluasi pembelajaran masuk dalam kategori cukup. Beberapa faktor yang menjadi penghambat antara lain (1) tidak tersedianya guru seni budaya yang berkompetensi seni rupa, (2) tidak adanya fasilitas berupa gedung atau ruang studio bagi siswa untuk berkarya seni rupa, (3) perhatian dari guru seni budaya dalam memenuhi jadwal pembelajaran kurang menjadi perhatian. Beberapa faktor yang dapat dianggap sebagai penunjang dalam pencapaian pelaksanaan pembelajaran seni rupa oleh guru seni budaya di tiga SMA pada wilayah Kecamatan Pamona Puselemba dan Pamona Utara yakni (1) ketersediaan guru yang berlatar belakang seni rupa dan seni musik pada SMA GKST 2 Tentena dan SMA Negeri I Pamona Utara, (2) sudah tersedianya gedung out door pada SMA GKST 1 dan SMA GKST 2 Tentena Kabupaten Poso yang lebih sering dipakai untuk kegiatan ekstra kurikuler, (3) tersedianya material lokal di lingkungan sekolah untuk dipakai sebagai bahan praktikum. Dari hasil penelitian ini disarankan supaya pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan standar proses, dapat dijadikan model acuan pada tiga SMA di Kecamatan Pamona Puselemba dan Pamona Utara Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:45
Last Modified: 26 Apr 2018 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8105

Actions (login required)

View Item View Item