Analisis Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan Pengawas pada Guru SMK Negeri 1 Galesong Selatan di Kabupaten Takalar

SYAMSUDDIN M, SYAMSUDDIN M (2015) Analisis Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan Pengawas pada Guru SMK Negeri 1 Galesong Selatan di Kabupaten Takalar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL SYAMSUDDIN M. 13B12034 PEP KEPENGAWASAN.docx

Download (72kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah yang sesuai dengan latar belakang pendidikan pengawas pada guru SMK Negeri 1 Galesong Selatan di Kabupaten Takalar. (ii) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan pengawas pada guru SMK Negeri 1 Galesong Selatan di Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai verifikasi data. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengawas sekolah dalam rumpun mata pelajaran produktif, guru binaan pengawas sekolah dalam rumpun mata pelajaran produktif, dan dokumen hasil pelaksanaan supervisi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah baik yang sesuai maupun yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan pengawas pada guru SMK Negeri 1 Galesong Selatan di Kabupaten Takalar sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan supervisi akademik, untuk guru binaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan pengawas tahap pra supervisi pengawas melaksanakan kegiatan pemantauan dan penilaian, tahap proses supervisi pengawas melaksanakan pemantauan dan penilaian dengan teknik observasi kelas dan tahap pertemuan balikan pengawas melakukan pembimbingan pada pelaksanaan proses pembelajaran namun pembimbingan pada penilaian hasil pembelajaran tidak dilaksanakan, dan hasil dari penilaian yang dilakukan pengawas pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran adalah sangat baik. Sedangkan untuk guru binaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan pengawas pada tahap pra supervisi pengawas sekolah melaksanakan juga pembimbingan dan hasil dari penilaian yang dilakukan pengawas pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:50
Last Modified: 26 Apr 2018 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8104

Actions (login required)

View Item View Item