Profil Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Ditinjau dari Kemampuan Keruangan pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone.

WAHYUNI, A.SRY (2015) Profil Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Ditinjau dari Kemampuan Keruangan pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (63kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang ditinjau dari kemampuan keruangan pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VIII yang masing-masing terdiri atas 2 orang dari kategori kemampuan keruangn tinggi, sedang dan rendah. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil tes kemampuan keruangan, tes pemecahan masalah dan hasil wawancara. Hasil tes yang diperoleh dari penelitian ini selanjutnya dianalisis melalui tiga tahap yaitu,: tahap reduksi, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1) subjek dengan kategori kemampuan keruangan tinggi mampu memecahkan masalah yang diberikan dengan benar dan sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah yang ada, selain itu juga memenuhi tiga dari lima aspek kemampuan keruangan yang ada, 2) subjek dengan kategori kemampuan keruangan sedang mampu memecahkan masalah yang diberikan dengan benar dan sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah yang ada, meskipun pada langkah menyusun rencana pemecahan masalah subjek belum mampu mengaitkan atau menyebutkan informasi/ materi lain yang nantinya dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang ada, akan tetapi subjek mampu memenuhi tiga dari lima aspek kemampuan keruangan yang ada, 3) Subjek dengan kategori kemampuan keruangan rendah belum mampu memecahkan masalah yang diberikan dengan benar dan sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah yang ada. Selain itu, subjek juga belum memenuhi lima aspek kemampuan keruangan yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:26
Last Modified: 26 Apr 2018 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8101

Actions (login required)

View Item View Item