Ida, Wahyuni (2013) Analisis Manajemen Pembelajaran Kelas Akselerasi pada SMP Negeri 6 Makassar Kota Makassa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Wahyuni, Rika.docx Download (13kB) |
Abstract
ABSTRAK IDA WAHYUNI. 2013. Analisis Manajemen Pembelajaran Kelas Akselerasi pada SMP Negeri 6 Makassar Kota Makassar ( dibimbing oleh Hamsu A Gani dan Chalid Imran Musa) Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui gambaran manajemen pembelajaran kelas akselerasi pada SMP Negeri 6 Makassar Kota Makassar yang meliputi; perencanaan dengan indikator modifikasi alokasi waktu, modifikasi materi dan modifikasi sarana dan prasarana; pelaksanaan dengan indikator modifikasi proses pembelajaran serta modifikasi pengelolaan kelas dan lingkungan belajar; dan evaluasi dengan indikator: evaluasi didasarkan mastery learning; Ulangan Harian, Ulangan Umum, Ujian Nasional; tugas mandiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data Kepala Sekolah, Wakasek Urusan kurikulum, Wakasek Urusan Sarana dan Prasarana, koordinator kelas akselerasi, Guru dan siswa kelas akselerasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan telaah dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran kelas akselerasi terlaksana dengan cukup baik. Hal tersebut dapat ditinjau dari (1) perencanaan modifikasi materi masih belum terkelola dengan baik karena belum semua guru kelas akselerasi menggunakan RPP (Rencana Pengajaran dan Penilaian) khusus untuk siswa akselersai, namun demikian modifikasi alokasi waktu dan modifikasi sarana dan prasarana telah dilakukan dengan baik ditandai adanya kalender khusus untuk percepatan pendidikan yang disesuaikan waktu belajar dan evaluasinya serta sarana dan prasaran yang cukup memadai (2) pelaksanaan telah berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan guru pada umumnya telah memahami prinsip-prinsip yang harus diterapkan dalam kelas akselerasi, sehingga modifikasi proses pembelajaran serta modifikasi pengelolaan kelas dan lingkungan belajar telah berjalan dengan baik (3) evaluasi terlaksana dengan cukup baik. Evaluasi didasarkan pada mastery learning dimana siswa telah memahami materi sebelum guru melanjutkan ke materi berikutnya, evaluasi dalam bentuk ulangan harian, ulangan umum, dan Ujian Nasional dan tugas mandiri. Pelaksanaannya telah dilakukan sesuai kalender percepatan pendidikan, sehingga siswa bisa menyelesaikan pendidikannya dalam dua tahun.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 05:17 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 05:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/810 |
Actions (login required)
View Item |