Profil Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap Guru Matematika dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Ditinjau dari Masa Kerja Guru pada SMP Negeri Kabupaten Bulukumba.

ARIF, WAHYUNI (2015) Profil Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap Guru Matematika dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Ditinjau dari Masa Kerja Guru pada SMP Negeri Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (77kB)

Abstract

ABSTRAK Pengetahuan dan keterampilan mengajar yang baik, serta sikap positif guru terhadap kurikulum menentukan ketercapaian kurikulum. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan, keterampilan dan sikap guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 ditinjau dari masa kerja guru. Instrument penelitian adalah tes pengetahuan, lembar observasi, angket penilaian sikap, wawancara dan peneliti sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pengetahuan untuk melihat pengetahuan guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, observasi untuk mengamati keterampilan guru pada proses pembelajaran, dan angket sikap untuk melihat sikap guru terhadap pengimlementasian kurikulum 2013. Subjek penelitian ini adalah guru matematika SMP Negeri kabupaten Bulukumba yang telah mengimplementasikan kurikulum 2013, yang terdiri dari 2 orang guru yaitu Guru baru (novice teacher) dengan masa kerja 5 tahun dan guru berpengalaman (experienced teacher) dengan masa kerja 20 tahun dari 2 sekolah yang berbeda. Proses penelitian ini dilakukan dengan mengunjungi kedua sekolah yang diteliti dengan memberikan tes pengetahuan, melakukan observasi proses pembelajaran, dan memberikan angket sikap, serta mewawancarai kedua subjek kemudian melakukan reduksi data dan merumuskan kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan guru hampir sama antara novice teacher dan experienced teacher. Novice teacher menonjol pada pengetahuan tentang model-model pembelajaran sedangkan experienced teacher menonjol pada pengetahuan tentang tujuan pemberlakuan kurikulum 2013, keterkaitan antara SKL, KI, KD dan indikator, pendekatan scientific, dan penilaian autentik. Pada aspek keterampilan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dan penerapan penilaian autentik pada proses pembelajaran, novice teacher belum melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian autentik dengan baik sedangkan experienced teacher sudah melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik. Pada aspek sikap, baik novice teacher maupun experienced teacher, keduanya memiliki sikap positif terhadap pemberlakuan kurikulum 2013 dan penerapan pendekatan scientific, tetapi belum memiliki sikap positif terhadap penerapan penilaian autentik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:12
Last Modified: 26 Apr 2018 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8097

Actions (login required)

View Item View Item