Pengaruh penggunaan media komputer terhadap peningkatan kemampuan visual spasial pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Percontohan Cabang Sungguminasa, Kabupaten Gowa

Rafli Razak, Muhammad (2015) Pengaruh penggunaan media komputer terhadap peningkatan kemampuan visual spasial pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Percontohan Cabang Sungguminasa, Kabupaten Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu kemampuan yang harus dikembangkan dalam diri anak usia dini adalah kemampuan visual spasial. Kemampuan visual spasial merupakan kemampuan untuk menvisualisasikan gambar. Komponen inti dari kemampuan visual spasial adalah kepekaan terhadap garis, warna, bentuk, ruang, di mana komponen ini bertumpu pada ketajaman melihat dan ketelitian pengamatan. Kemampuan visual spasial dalam penelitian ini adalah (1) Mengenal Warna Dasar, (2)Menggambar dengan menggunakan tools pensil, (3) Mampu membuat garis tegak lurus, (4) Mampu membuat berbagai macam bentuk seperti segitiga dan segiempat, persegi panjang, (5) Mampu Memilih warna yang sesuai, (6) Mampu menghapus garis atau gambar yang salah, (7) Mampu membuat segi empat dengan sudut, (8) Mampu mewarnai garis atau bentuk segitiga, segiempat, dan persegi panjang dengan warna yang penuh, (9) Mampu mengklasifikasikan bentuk yang sama. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran visual spasial adalah media komputer microsoft paint. Media ini merupakan program software komputer yang menyediakan sarana pengolahan gambar, seperti membuat garis lurus, melengkung, lingkaran, memberi warna, dan pengeditan teks, serta proses pencetakannya. Salah satu komponen yang akan diteliti adalah (i) Bagaimana gambaran pelaksanaan Penggunaan media komputer microsoft paint? (ii) Bagaimana kemampuan visual spasial anak sebelum (pretest) dan setelah (postest) penggunaan media komputer microsoft paint? (iii) apakah ada pengaruh penggunaan media komputer dapat meningkatkan dapat meningkatkan kemampuan visual spasil anak? Tujuan Penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Penggunaan media komputer microsoft paint, (ii) Untuk mengetahui kemampuan visual spasial anak sebelum (pretest) dan setelah (postest) melakukan pembelajaran media komputer, (iii) Untuk menguji pengaruh penggunaan media komputer terhadap peningkatan kemampuan visual spasil anak.. Hasil penelitian menujukkan bahwa (i) penggnaan media komputer microsoft paint terdiri atas tiga (1) tahap pengenalan, (2) tahap penggunaan, dan (3) tahap evauasi, (ii) kemampuan visual spasial anak sebelum menggunakan media komputer microsoft paint berada pada kategori sedang dan kemampuan visual spasial anak setelah menggunakan media komputer microsoft paint berada pada kategori tinggi, (iii) Terdapat pengaruh positif penggunaan media komputer microsoft paint terhadap kemampuan visual spasial anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Percontohan Cabang Sungguminasa, Kabupaten Gowa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:14
Last Modified: 26 Apr 2018 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8096

Actions (login required)

View Item View Item