“Keefektifan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Membaca Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa”. Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar

Siswanto, Andik (2016) “Keefektifan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Membaca Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa”. Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan, (1) kemampuan membaca puisi dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa; (2) kemampuan membaca puisi dengan menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa; dan (3) menjelaskan keefektifan penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Data penelitian ini berupa data hasil tes membaca puisi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Tes membaca puisi dibagi menjadi dua yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) hasil pengujian tes membaca puisi pada kelas eksperimen, menunjukkan bahwa hasil pretest membaca puisi, siswa yang mendapat nilai 70-100 sebanyak 30 siswa (63,82%) sedangkan siswa yang mendapat nilai 20-69 sebanyak 17 siswa (36,18%). Dari hasil pretest tersebut kemudian diberikan perlakuan berupa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca puisi. Hasil posttest membaca puisi pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa, siswa yang mendapat nilai 70-100 sebanyak 42 siswa (89,36%) sedangkan siswa yang mendapat nilai 20-69 sebanyak 5 siswa (10,64%); (2) hasil pengujian tes membaca puisi pada kelas kontrol, menunjukkan bahwa hasil pretest membaca puisi, siswa yang mendapat nilai 70-100 sebanyak 28 siswa (59,57%) sedangkan siswa yang mendapat nilai 20-69 sebanyak 19 siswa (40,43%). Hasil posttest membaca puisi menunjukkan bahwa, siswa yang mendapat nilai 70-100 sebanyak 31 siswa (65,96%) sedangkan siswa yang mendapat nilai 20-69 sebanyak 16 siswa (34,04%); (3) hasil analisis inferensial pengujian menggunakan uji t jenis Independent Sample Test diperoleh nilai thitung sebesar 2.462 pada taraf signifikan p = 0,016. Karena p < α = 0,05, maka disimpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai membaca puisi yang menerapkan metode demonstrasi pada kelas eksperimen dengan nilai membaca puisi yang menerapkan metode ceramah. Kata Kunci: keefektifan, metode demonstrasi, membaca puisi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 01:52
Last Modified: 26 Apr 2018 01:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8093

Actions (login required)

View Item View Item