Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar terhadap Mata Kuliah Kritik Seni

SUYUDI, MUHAMMAD (2015) Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar terhadap Mata Kuliah Kritik Seni. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh, mengolah, dan menginterpretasikan berbagai data dan informasi tentang persepsi mahasiswa berkaitan dengan; (1) Persepsi mahasiswa terhadap isi materi pada mata kuliah kritik seni. (2) Pendapat mahasiswa mengenai metode pembelajaran dosen mata kuliah kritik seni. Adapun variabel penelitiannya adalah ; (1) Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar mengenai Materi ajar pada mata kuliah Kritik Seni. (2) Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar mengenai metode ajar pada mata kuliah Kritik Seni. Dalam penelitian ini subyek yang diteliti adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar yang pernah mengikuti mata kuliah Kritik Seni dan masih aktif sebanyak 20 orang responden. Alat pengumpul data utama pada penelitian ini adalah angket, sedangkan wawancara dan dokumen adalah alat pengumpul data pendukung. Kemudian mereduksi data atau memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya dan membuang yang tidak perlu. Dan selanjutnya, menyajikan data berupa uraian singkat dalam bentuk deskriptif dari hasil wawancara yang telah direduksi sehingga mempermudah peneliti dalam melihat dan mengolah data untuk kemudian menarik kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa (1) persepsi mahasiswa mengenai mata kuliah Kritik Seni adalah positif. Kesesuaian materi yang disajikan dengan silabus, Satuan Acara Perkuliahan (SAP), tujuan pembelajaran, waktu, dan sarana penunjang menjadi faktor pendukung. Ditambah lagi, penguasaan dosen pengampuh mata kuliah terhadap materi yang disajikan pada mata kuliah Kritik Seni juga menjadi salahsatu faktor yang memicu motivasi dan ketertarikan mahasiswa dalam mempelajari kritik seni. Selain itu, materi yang dipilih dalam pembelajaran mata kuliah Kritik Seni juga sesuai dengan kebutuhan dan kompetensi yang dikembangkan mahasiswa, dan (2) metode pembelajaran yang diterapkan dosen pengampuh juga mendapat respon positif. Metode pembelajaran digunakan membuat mahasiswa tertantang dan memotivasi rasa ingin tahu dan membuat mahasiswa mampu mengembangkan pemahamannya mengenai kritik seni. Metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa yang memberi keleluasaan menyatakan pendapat menumbuhkan rasa senang dan nyaman dalam belajar sehingga membuat mahasiswa aktif dan kreatif. Selain itu, metode yang digunakan juga tidak mereduksi materi sehingga mampu mengarahkan mahasiswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 01:41
Last Modified: 26 Apr 2018 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8092

Actions (login required)

View Item View Item