Keefektifan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X MAN Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang

AISYAH, AISYAH (2014) Keefektifan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X MAN Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Aisyah.doc

Download (163kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode Karyawisata dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas X MAN Baranti. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat eksprimen. Dalam model ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Baranti Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi tersebut berjumlah 103 siswa yang tersebar pada 4 kelas. Penarikan anggota sampel dilakukan dengan teknik purporsif yaitu penentuan sampel dilakukan secara bertujuan. Peneliti menetapkan kelas X-A dan kelas X-C yang menjadi sampel penelitian dengan pertimbangan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai karakteristik yang homogen,. Jumlah sampel seluruhnya sebanyak 26 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis. Tes diberikan dua kali, yaitu pretest dan postest yang berupa tes menulis karangan deskripsi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial parametrik jenis Paired Sampel T Test yang diolah dengan program komputer sistem Statistical Product SeivIce Solution (SPSS) versi 16 windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung yang diperoleh sebesar 4,546 dengan Sig (2 tailed)= 0,000. Pada taraf signifikan 95% dengan d. b. 26 diperoleh t tabel = 1,71. Jadi, t hitung (4,546) > t tabel (1,71) atau sig (2 tailed) (0,000) < (0,05). Jadi, hipotesis (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran efektif meningkatkan kemampuan menulis deskriptif siswa kelas X MAN Baranti. Berdasarkan hasil penelitian ini, perlu disarankan agar (1) siswa kelas X MAN Baranti hendaknya lebih meningkatkan kemampuannya dalam menulis, khususnya menulis karangan deskripsi; (2) guru bahasa Indonesia MAN Baranti dapat menerapkan metode karyawisata sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis karangan deskripsi; (3) peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan tentang pengaruh pemanfaatan metode karyawisata terhadap kompetensi dasar yang lain.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 01:45
Last Modified: 26 Apr 2018 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8091

Actions (login required)

View Item View Item