Penerapan Strategi Suggestopedia dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX B SMP Negeri 15 Makassar.

SUPRATIA, SUPRATIA (2015) Penerapan Strategi Suggestopedia dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX B SMP Negeri 15 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL SUPRATIA.docx

Download (45kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX B SMP Negeri 15 Makassar melalui strategi suggestopedia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 15 Makassar Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 35 siswa dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 80. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Di akhir setiap siklus dilakukan tes uji keterampilan menulis cerpen. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa proses dan hasil pembelajaran dengan penerapan strategi suggestopedia belum optimal. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I ialah 61,66 sehingga dapat dinyatakan belum tuntas. Pada siklus II hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX B SMP Negeri 15 Makassar. Hal itu ditandai dengan keaktifan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa merasa senang dengan pembelajaran yang berbeda dengan proses pembelajaran yang ditemui siswa selama ini. Dengan bantuan suasana kelas yang menyenangkan, adanya unsur-unsur intrinsik cerpen yang digantung di dinding kelas, adanya relaksasi, duduk seperti di lesehan, dan musik klasik membuat siswa senang dan tidak bosan sehingga dapat menuangkan ide-ide dan kreatifitasnya dalam menulis cerpen. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX B SMP Negeri 15 Makassar dengan nilai rata-rata kelas 83,33. Oleh sebab itu, dapat dinyatakan bahwa keterampilan menulis cerpen dapat meningkat dengan menerapkan strategi suggestopedia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, maka disarankan kepada guru hendaknya menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan menerapkan strategi suggestopedia dalam pembelajaran menulis cerpe untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 01:32
Last Modified: 26 Apr 2018 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8090

Actions (login required)

View Item View Item