Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Teknik Scramble pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Carawali Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap

MANA, DIRMAN (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Teknik Scramble pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Carawali Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Dirman Mana.docx

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman melalui teknik Scramble pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Carawali Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap dan mendeskripsikan hasil pembelajaran membaca pemahaman melalui teknik Scramble pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Carawali Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data penelitian diambil dari aktivitas guru dan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan),dokumentasi, dan tes. Analisis data dilaksanakan dengan mengamati aktivitas guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan teknik Scramble. Data hasil ditranskrip dalam bentuk tabel. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pengamatan, tindakan, dan refleksi. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penerapan teknik Scramble di kelas IV SD Negeri 3 Carawali Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap dapat meningkatkan minat, semangat, dan antusias siswa dalam proses pembelajaran. Kemampuan membaca pemahaman siswa baik dari aspek urutan paragraf, ide pokok, kesimpulan, maupun pemahaman dapat meningkat. Aspek mengurutkan paragraf meningkat sebesar 23,47. Aspek menentukan ide pokok meningkat sebesar 22,67. Aspek menyimpulkan meningkat sebesar 22,34. Aspek pemahaman meningkat sebesar 29. Secara keseluruhan, kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan sebesar 24,37 dari 54,61 pada siklus I menjadi 78,98 pada siklus II. Guru kelas, hendaknya kreatif dan inovatif memilih pendekatan, metode, model, dan teknik pembelajaran dalam membaca, terkhusus kepada membaca pemahaman agar siswa termotivasi dan tidak merasa bosan dalam pembelajaran. Teknik Scramble terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa khususnya dalam membaca pemahaman. Oleh karena itu, teknik pembelajaran ini dapat menjadi referensi mengajar guru kelas. Pemberian kartu paragraf untuk lebih meningkatkan kemampuan membaca pemahaman sangat efektif dan efisien sehingga guru dapat menggunakan teknik ini untuk pembelajaran membaca pemahaman di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 00:34
Last Modified: 26 Apr 2018 00:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8084

Actions (login required)

View Item View Item