Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa SD Inpres Bontomanai

IRIANI. K, IRIANI. K (2016) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa SD Inpres Bontomanai. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
jurnal bunda.docx

Download (79kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran pengimplementasian model pembelajaran kooperatif terpadu, (2) gambaran kemampuan bercerita sebelum dan setelah pengimplementasian, (3) pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif terpadu terhadap kemampuan bercerita siswa SD Inpres Bontomanai. Kelas IIIa ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IIIb ditetapkan sebagai kelompok kontrol. Penentuan subjek penelitian berdasarkan hasil nilai ujian sebelumnya yang memiliki rata-rata nilai yang hampir sama. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen True Experiment Design dengan desain pre-test post-test control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Kemampuan bercerita dan variabel bebasnya adalah Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen/ lembar observasi untuk mengukur hasil kemampuan bercerita siswa. Hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rumus t-test melalui bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil analisis deskriptif dan uji hopitesis diketahui adanya perbedaan kemampuan bercerita siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang signifikan, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil yang dilakukan dengan menggunakan Uji-t Tes pada kemampuan bercerita diperoleh bahwa H0 ditolak. Berdasarkan nilai post-test kemampuan bercerita pada kelompok eksperimen, nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Sehinggah dinyatakan penggunaan model pembelajaran kooperatif terpadu berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan bercerita siswa. Melihat pentingnya model pembelajaran kooperatif terpadu, untuk itu guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif terpadu sebagai alternatif model pembelajaran untuk melatih kemampuan bercerita siswa. Selain itu, model pembelajaran ini hendaknya diujicobakan pada materi lain.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:57
Last Modified: 25 Apr 2018 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8077

Actions (login required)

View Item View Item