Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Web pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Menumbuhkan Multiple Representasi Peserta Didik

RISMA, RISMA (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Web pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Menumbuhkan Multiple Representasi Peserta Didik. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal.doc

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbantuan web pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dalam menumbuhkan multiple representasi peserta didik, dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran berbantuan web dalam menumbuhkan multiple representasi peserta didik. Penelitian pengembangan ini merujuk pada langkah-langkah pengembangan pembelajaran model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap pelaksanaan (implementation), tahap evaluasi (evaluation). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, LKPD, BPD, media, dan THB. Instrumen perangkat yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, angket respon peserta didik, lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar observasi sikap peserta didik, lembar observasi keterampilan peserta didik, dan Tes Hasil Belajar (THB). Berdasarkan analisis validitas isi Gregory pada perangkat pembelajaran diperoleh koefisien realibilitas sebesar 0,92>0,75. Ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran adalah valid. Berdasarkan analisis kepraktisan melalui hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran diperoleh rata-rata seluruh aspek yang ditanyakan adalah 3,22 dengan persentase 80,55% dan melalui angket respon peserta didik yang dianalisis dengan model skala Likert diperoleh banyaknya respon peserta didik yang memberikan respon positif sebesar 80,11%. Ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran adalah praktis. Berdasarkan analisis keefektifan pada tahap ujicoba lapangan diperoleh jumlah peserta didik yang dapat mengembangkan multiple representasinya pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan sebesar 81%. Ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran adalah efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk perangkat pembelajaran pembelajaran yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:47
Last Modified: 25 Apr 2018 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8076

Actions (login required)

View Item View Item