“Pengembangan Soft Skills Terintegrasi Pada Pembelajaran Praktek Bidang Kelistrikan SMK Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap”.

AMIRUDDIN, AMIRUDDIN (2016) “Pengembangan Soft Skills Terintegrasi Pada Pembelajaran Praktek Bidang Kelistrikan SMK Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap”. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal Tesis Soft Skills.doc

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan cara pengembangan soft skills di SMK Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap, (2) untuk menghasilkan soft skills terintegrasi yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran praktek bidang kelistrikan di SMK Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan model soft skills terintegrasi pada pembelajaran praktek bidang kelistrikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah pengembangan soft skills terintegrasi pada pembelajaran praktek bidang kelistrikan di SMK Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap dilakukan dengan beberapa tahapan yakni (a) tahap analisis, analisis kebutuhan untuk menentukan masalah dan solusi yang tepat dalam menentukan model pada pembelajaran (b) tahap desain, perancangan model soft skills terintegrasi pada pembelajaran berdasarkan kurikulum pada pembelajaran praktek bidang kelistrikan yang telah dianalisis sebelumnya, (c) tahap pengembangan, mengembangkan model soft skills terintegrasi pada pembelajaran praktek yang dapat di uji cobakan (d) tahap implementasi, melaksanakan program pembelajaran dengan menerapkan model soft skills terintegrasi pada pembelajaran praktek bidang kelistrikan jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap (e) tahap evaluasi, melakukan evaluasi pada pengembangan soft skills terintegrasi pada pembelajaran praktek bidang kelistrikan jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap. (2) model soft skills terintegrasi pada pembelajaran praktek bidang kelistrikan telah memenuhi kriteria kevalidan yang meliputi validasi buku panduan terintegrasi, Silabus terintegrasi, RPP terintegrasi Angket respon siswa dan angket respon guru. Model pembelajaran dikatakan praktis karena hasil respon siswa dan respon pengguna/ guru terhadap model soft skills terintegrasi ini berada pada kategori sangat baik. Model soft skills terintegrasi dikatakan efektif, hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi soft skills siswa yang menunjukkan bahwa model soft skills terintegrasi pada pembelajaran praktek bidang kelistrikan efektif meningkatkan soft skills siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:34
Last Modified: 25 Apr 2018 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8073

Actions (login required)

View Item View Item