Pengelolaan Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 39 Bulukumba

Sahrul, S (2013) Pengelolaan Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 39 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SAHRUL.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK SAHRUL. 2014. “Pengelolaan Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 39 Bulukumba”. Tesis. Dibimbing oleh Ismail Tolla dan Sulaiman Samad. Merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif yang bertujuan : (1) Untuk mengetahui pengelolaan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran IPS Terpadu pada SMPN 39 Bulukumba. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan pengelolaan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran IPS Terpadu pada SMPN 39 Bulukumba. Disimpulkan bahwa (1) Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi pembelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 39 Bulukumba berjalan optimal sesuai kurikulum .(2) Faktor pendukung pengelolaan pembelajaran IPS terpadu pada SMPN 39 Bulukumba yaitu tersedianya buku–buku sebagai bahan referensi dalam pembelajaran serta ketersediannya jaringan internet yang ada di sekolah sedangkan factor penghambat pengelolaan IPS terpadu pada SMPN 39 Bulukumba yakni pada sarana dan prasarana yang ada disekolah seperti ruang kelas yang masih terbatas. Kata Kunci: penelitian deskriptif kualitatif, Pengelolaan IPS Terpadu, Faktor pendukung dan penghambat, Analisis deskriptif dan kualitatif.   ABSTRACT SAHRUL. 2014. "Management of Integrated Social Learning in Secondary Schools 39 Bulukumba". Thesis. Supervised by Ismail Tolla and Sulaiman Samad. Descriptive Qualitative research is aimed at: (1) To determine the management of the planning, implementation and evaluation of Integrated Social learning in SMP 39 Bulukumba. (2) To determine the enabling and inhibiting factors in the management of the management of the planning, implementation and evaluation of Integrated Social learning in SMP 39 Bulukumba. It was concluded that (1) Planning, Implementation and Evaluation of Integrated Social learning SMP 39 Bulukumba running optimally match the curriculum. (2) The factors supporting the learning management integrated IPS SMP 39 Bulukumba is the availability of books - books as reference material in the learning and internet network availability in school while inhibiting factor IPS management integrated on the SMP 39 Bulukumba on existing infrastructure such as classrooms in schools is still limited. Keywords: a qualitative descriptive study, Integrated Social Management, supporting and inhibiting factors, descriptive and qualitative analysis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 05:16
Last Modified: 28 Jun 2016 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item