Keefektifan Metode Hypnoteaching dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 Eremerasa Kabupaten Bantaeng

TASNIAH, SITTI (2015) Keefektifan Metode Hypnoteaching dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 Eremerasa Kabupaten Bantaeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)

ABSTRAK Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menulis teks cerpen. Secara khusus, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji keefektifan metode hypnoteaching dalam peningkatan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen atau eksperimen semu dengan model pretest-posttes group design. Kelas yang dipilih adalah kelas XI Bahasa dengan 18 orang siswa sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes dan nontes . Jenis tes yang dilakukan adalah tes unjuk kerja. Untuk mengetahui kemampuan awal kelompok eksperimen atau kelompok amatan diberi pre test menulis teks cerpen. Selanjutnya kelompok eksperimen atau kelompok amatan diberi perlakuan dengan penerapan metode hypnoteaching dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Setelah kelompok eksperimen atau amatan diberi perlakuan maka kelompok tersebut diberi post test untuk menguji validitas “ penerapan metode hypnoteaching efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Eremerasa Kabupaten Bantaeng, sedangkan nontes dilakukan dengan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial melalui program SPSS 20.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan terhadap hasil tes menulis teks cerpen kelompok eksperimen atau kelompok amatan sebelum dan sesudah dikenai perlakuan penerapan metode hypnoteaching Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji validitas yang menunjukkan bahwa semua aspek penilaian tersebut memiliki nilai validitas > nilai t-tabel (61,00). Aspek isi nilai uji validitas (88,00) > (61,00), struktur teks (90,00) > (61,00),kosakata(90,00) > (61,00), kalimat (90,00) > (61,00), mekanik (90,00) > (61,00). Hasil uji validitas tersebut menunjukkan bahwa metode hypnoteaching efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Hasil menulis teks cerpen tersebut telah diterbitkan menjadi sebuah buku berjdul “Debu adalah Musafir” Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar (1) guru bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran menulis teks cerpen dengan metode hypnoteaching,(2) hendaknya guru menyadari bahwa dengan metode yang tepat dapat menjadikan pembelajaran menulis teks cerpen menarik dengan situasi nyaman, (3) keberadaan kelas Bahasa di berbagai SMA negeri dan swasta yang mempelajari sastra secara khsusus hendaknya jangan ditiadakan tetapi keberadaannya dipertahankan, (4) peneliti yang lain dapat mengembangkan menjadi penelitian pengembangan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:03
Last Modified: 25 Apr 2018 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8065

Actions (login required)

View Item View Item