Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Mendisiplinkan Kerja Guru (Studi Kasus di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polewali Mandar

Rudi, Yunus (2013) Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Mendisiplinkan Kerja Guru (Studi Kasus di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polewali Mandar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Rudi Yunus.docx

Download (13kB)

ABSTRAK RUDI YUNUS. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Mendisiplinkan Kerja Guru (Studi Kasus di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polewali Mandar) (Dibimbing oleh Sulaiman Samad dan Ali Latief). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kedisiplinan kerja guru, faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan fungsi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mendisiplinkan kerja guru di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polewali Mandar dengan informan atau narasumber ialah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif atau model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Bentuk-bentuk pendisiplinan kerja guru di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polewali Mandar adalah disiplin preventif dalam bentuk himbauan dan pesan-pesan afirmatif, dan disiplin korektif dalam bentuk teguran lisan, teguran tulisan, dan pemotongan insentif, namun bentuk pendisiplinan yang umumnya dilakukan Kepala SMK Negeri Labuang adalah disiplin preventif; (ii) Faktor-faktor yang menyebabkan guru di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polewali Mandar kurang berdisiplin adalah faktor internal dalam bentuk faktor pribadi guru yang kurang kompeten, kurang dapat mengatur waktu dengan baik, dan guru yang suka menyepelekan persoalan disiplin waktu. Sedangkan faktor eksternal dalam bentuk transportasi, keluarga, tuntutan dinas, dan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah; dan (iii) Fungsi kepemimpinan Kepala SMK Negeri Labuang dalam mendisiplinkan kerja guru adalah dengan menerapkan fungsi kepemimpinan instruktif, delegatif, konsultatif, partisipatif, dan fungsi pengendalian, namun fungsi kepemimpinan yang umumnya terlaksana adalah fungsi instruktif.   ABSTRACT RUDI YUNUS. 2013. The Development of Assessment Instrument of Learning Outcomes on Productive Subject of Students of Software Engineering Skills Program SMKN 1 Lau in Maros District (supervised by H. M. Sidin Ali and Syahrul). The study aimed at discovering the description of assessment instrument of learning outcomes on Productive subject in cognitive and psychomotor domains developed theoretically and examining the quality of assessment instrument of learning outcomes on productive subject in cognitive and psychomotor domains developed based on the tryout to grade X students of Software Engineering Skills Program at SMKN 1 Lau in Maros district. The study was a research and development which employed 4-D model, namely defining, design, development, and dissemination. The samples of the study were 67 grade X students of Software Engineering Skills Program. Data were collected using test technique. The results of the study revealed that (i) the assessment instrument of leaning outcomes on productive subject in cognitive domain developed theoretically was valid, (ii) the assessment instrument of leaning outcomes on productive subject in psychomotor domain developed theoretically was valid, (iii) the assessment instrument of leaning outcomes on productive subject in cognitive domains developed based on twice tryouts have difficulty level categorized by is, distinguishing energy of goodness and can be accepted without reviseing, functioning distraktor of goodness, obtained 38 valid items with reliability co-efficient 0,876, and (iv) the assessment instrument of leaning outcomes on productive subject in psychomotr domains developed based on twice tryouts have difficulty level categorized easy to, to be accepted categorized to be distinguishing energy revised, obtained 20 valid items with reliability co-efficient 0,950.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 05:16
Last Modified: 28 Jun 2016 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item