Penyelenggaraan Pendidikan di Daerah Terpencil (Studi Kasus Pada SD Inpres Ampiri Desa Bacu-bacu Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru)

Nuralam, Nuralam (2016) Penyelenggaraan Pendidikan di Daerah Terpencil (Studi Kasus Pada SD Inpres Ampiri Desa Bacu-bacu Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru). S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (69kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran lingkungan pendidikan siswa, untuk mengetahui gambaran lingkungan keluarga siswa, dan untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung motivasi siswa SD Inpres Ampiri Desa Bacu-Bacu Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Penelitian terhadap pendidikan siswa di daerah terpencil pada SD Inpres Ampiri menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer melalui wawancara mendalam dengan informan penelitian, sedangkan sumber data sekunder melalui dokumen-dokumen sekolah yang berkaitan dengan profil siswa. Informan pokok dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan orang tua siswa SD Inpres Ampiri, kemudian informan pangkalnya adalah masyarakat dan pemerintah dalam lingkup Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Data hasil wawancara kemudian dianalisis dengan menggunakan tiga proses analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pandangan masyarakat Dusun Ampiri Desa Bacu-bacu terhadap pendidikan belum sepenuhnya baik, itu terlihat dari tingkat kepeduliannya terhadap pendidikan anak yang masih kurang. Masih banyaknya terdapat anak-anak yang tidak menempuh pendidikan. (2) Pola pikir masyarakat di Dusun Ampiri Desa Bacu-bacu yang menjadikan pendidikan bukan sebagai prioritas, masyarakat Dusun Ampiri Desa Bacu-bacu lebih menjadikan bekerja untuk menghasilkan uang adalah yang paling penting. (3) Faktor penyebab rendahnya motivasi siswa untuk bersekolah adalah faktor lingkungan, ekonomi, dan jarak antara rumah ke sekolah, sedangkan faktor pendukung adalah guru dan partisipasi pemerintah. Olehnya itu perlunya melengkapi sarana dan prasarana pendidikan di Sekolah SD Inpres Ampiri agar anak-anak termotivasi untuk bersekolah. Selain itu, sebaiknya orang tua diberikan sosialisasi tentang pentingnya sekolah, agar orang tua dapat membantu guru-guru untuk memotivasi anak-anaknya agar rajin ke sekolah dan melanjutkan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi. Kata Kunci: Pendidikan, Daerah Terpencil

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 05:35
Last Modified: 25 Apr 2018 05:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8058

Actions (login required)

View Item View Item