Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMPN 25 Makassar dengan Penggunaan Pendekatan Mastery Learning

SAHIDAH, SAHIDAH (2016) Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMPN 25 Makassar dengan Penggunaan Pendekatan Mastery Learning. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Article.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa sebagian besar hasil belajar membaca siswa kelas VIII tidak mencapai nilai KKM. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran tidak menekankan pada penuntasan pencapaian kompetensi kepada setiap individu. Oleh karena itu perlu diterapkan pendekatan mastery learning (pembelajaran tuntas) untuk mengantisipasi masalah ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) apakah pendekatan mastery learning dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa, (ii) apakah dengan mastery learning siswa berminat untuk belajar membaca, (iii) adakah hubungan antara minat dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Data dikumpulkan melalui tes dan angket. Jenis penelitian menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksprimen. Kelas kontrol menggunakan strategi konvensional sedangkan kelas eksprimen menggunakan pendekatan mastery learning. Analisis data dilakukan dengan mencari skor rata-rata, uji t paired samples test dan analisis regresi dengan bantuan program SPSS versi 22.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan mastery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji t. Hasil pre tes kelas control rata-rata 59.63 dan posttest 65.84 sedangkan pre test kelas eksperimen 58.49 posttest 79.69. Harga thitung adalah 7.22 berarti lebih besar dari harga ttable 2.032 berdasarkan taraf signifikansi 0.05. Dan berdasarkan hasil analisis regresi kontribusi pre test dapat memprediksi posttest sebesar 80.5% dan minat sebesar 92.6% artinya pengaruh dan hubungan diantara variabel tersebut sangat kuat, namun pengaruh tersebut tidak secara parsial namun secara simultan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 03:52
Last Modified: 25 Apr 2018 03:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8056

Actions (login required)

View Item View Item