Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Open Ended Problem Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Walenrang

RESKI, RIA (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Open Ended Problem Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Walenrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Open Ended Problem, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Open Ended Problem, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Open Ended Problem, untuk mengetahui keterlasanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan pendekatan Open Ended Problem, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap perangkat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Walenrang tahun pelajaran 2015/2016. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 11 kelas. Dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling maka dari seluruh kelas X maka dipilihlah kelas X.2 sebagai sampel penelitian. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrument tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas X untuk data hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, data aspek aktivitas siswa berada pada kategori aktif, data keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan baik, dan untuk aspek respon siswa berada pada kategori positif. Sehingga berdasarkan kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematikadengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Open Ended Problem pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Walenrang efektif. Kata Kunci: Efektifitas, Model Kooperatif, Teams Games Tournament, Open Ended Problem

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 03:20
Last Modified: 25 Apr 2018 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8051

Actions (login required)

View Item View Item