Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Melalui Latihan Soal Cerita Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangkajene

RIDWAN, MUHAMMAD (2015) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Melalui Latihan Soal Cerita Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangkajene. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal_Ridwan.docx

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika dapat ditingkatkan dengan melatih pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangkajene?” Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi penerapan metode Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangkajene dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV. Metode yang di gunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, data yang disajikan secara kualitatif yang diperoleh dari aktivitas siswa dan aktivitas guru berupa data hasil observasi dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir tindakan setiap siklus yang diberikan kepada siswa. Adapun alur tiap siklus dalam penelitian ini meliputi: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes awal terlebih dahulu kepada 23 orang siswa. Dari hasil tes awal diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 20 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 3 orang. Selanjutnya peneliti menindaklanjuti ke siklus I dengan menerapkan metode Polya. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa siswa yang belum tuntas 3 orang (13,04%). Setelah dilakukan tindakan dengan beberapa kali perbaikan dari refleksi siklus I maka hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas 23 orang (100%), maka peneliti tidak menindaklanjuti ke siklus selanjutnya. Ini membuktikan bahwa penerapan metode Polya dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangkajene. Kata kunci : Metode Polya, Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 03:10
Last Modified: 25 Apr 2018 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8049

Actions (login required)

View Item View Item