.Peningkatan hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di SD Inpres Bertingkat Mamajang II kota Makassar

NURWAHIDAH S, NURWAHIDAH S (2014) .Peningkatan hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di SD Inpres Bertingkat Mamajang II kota Makassar. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
8.pdf

Download (87kB) | Preview

ABSTRAK Hal yang melatarbelakangi dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang II kota Makassar. Adapun rumusan masalahnya ialah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di SD Inpres Bertingkat Mamajang II Kota Makassar ?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di SD Inpres Bertingkat Mamajang II kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah satu orang guru dan siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang II kota Makassar yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswi perempuan. Fokus penelitian ini dilihat dari model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, tes dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang II kota Makassar. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS berada pada kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa tidak terlepas dari aktivitas mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPS di SD Inpres Bertingkat Mamajang II kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:50
Last Modified: 25 Apr 2018 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8046

Actions (login required)

View Item View Item