Pengaruh Media Audiovisual terhadap Keterampilan Berbicara dalam Mendiskusikan Isi Berita Siswa Kelas X SMA Negeri 21 Makassar

Irawati, Nining (2016) Pengaruh Media Audiovisual terhadap Keterampilan Berbicara dalam Mendiskusikan Isi Berita Siswa Kelas X SMA Negeri 21 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel Nining Irawati.docx

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian untuk (1) mendeskripsikan hasil keterampilan berbicara dalam mendiskusikan isi berita siswa kelas X SMA Negeri 21 Makassar tanpa menggunakan media audivisual dan (2) membuktikan pengaruh media audiovisual terhadap keterampilan berbicara dalam mendiskusikan isi berita siswa kelas X SMA Negeri 21 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 21 Makassar yang berjumlah 428 siswa. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X9 sebanyak 30 siswa. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data, yaitu data hasil belajar siswa melalui pre test tanpa menggunakan media audiovisual dan post test dengan menggunakan media audiovisual terhadap keterampilan berbicara dalam mendiskusikan isi berita. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) keterampilan berbicara dalam mendiskusikan isi berita tanpa menggunakan media audiovisual berada pada kategori kurang. Dari 30 siswa hanya 4 siswa yang mencapai KKM; (2) pengaruh media audiovisual berada pada kategori baik. Dari 30 siswa hanya 1 siswa yang tidak mencapai KKM. Dari hasil analisis statistik inferensial p = 0,000. Ketika nilai p < α = 0,05 atau 0,000 < 0,005. Hal tersebut membuktikan H0 ditolak dan H1 diterima. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan berbicara khususnya mendiskusikan isi berita sebaiknya dilaksanakan dengan menggunakan berbagai model, metode, atau media, satu diantaranya dengan menggunakan media audiovisual. Siswa diharapkan lebih giat berlatih berbicara, percaya diri, dan belajar menggunakan kalimat yang baku saat berbicara Kata kunci: Keterampilan berbicara, berita, dan media audiovisual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:40
Last Modified: 25 Apr 2018 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8043

Actions (login required)

View Item View Item