Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Berbasis Lingkungan dalam Menulis Wacana Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sinjai Tengah

QADRIANTI, LAELI (2016) Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Berbasis Lingkungan dalam Menulis Wacana Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sinjai Tengah. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
4. ARTIKEL ILMIAH.docx

Download (58kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan penggunaan metode quantum berbasis lingkungan dalam menulis wacana narasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sinjai Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sinjai Tengah yang berjumlah 131 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 62 orang siswa kelas X SMA Negeri 2 Sinjai Tengah yang terdiri atas siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 orang siswa dan kelas X3 sebagai kelas kontrol sebanyak 31 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes dan postes terhadap dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode pembelajaran quantum berbasis lingkungan efektif digunakan dalam menulis wacana narasi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mampu menulis wacana narasi, yakni sebanyak 100%; (2) metode pembelajaran quantum efektif diterapkan dalam menulis wacana narasi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mampu menulis wacana narasi, yakni sebanyak 83,9%, dan (3) ada perbedaan keefektifan penggunaan metode pembelajaran quantum berbasis lingkungan dan metode pembelajaran quantum dalam menulis wacana narasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sinjai Tengah. Hal ini dilihat pada uji statistik inferensial menggunakan uji Independent samples t test. Hasil uji Independent samples t test menunjukkan nilai thitung ≥ ttabel. Dalam hal ini nilai thitung=2.771, sedangkan ttabel=2.0002, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Adapun saran yang diajukan, yakni: (1) guru hendaknya memberikan motivasi dan latihan menulis kepada siswa agar siswa lebih terampil dalam kegiatan menulis, (2) guru dapat menggunakan metode quantum berbasis lingkungan agar tercipta pembelajaran yang inovatif dan bervariasi dalam pembelajaran menulis, khususnya menulis wacana narasi. Kata kunci: keefektifan, metode, quantum, dan lingkungan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:31
Last Modified: 25 Apr 2018 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8042

Actions (login required)

View Item View Item