Pengaruh pembelajaran PKn melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Karakter Siswa di SDN No. 5 Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang, Tahun 2017

AMIRUDDIN, AMIRUDDIN (2017) Pengaruh pembelajaran PKn melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Karakter Siswa di SDN No. 5 Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang, Tahun 2017. Masters thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNALS.doc

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran PKn adalah interaksi yang dirancang oleh pendidik dengan menitik beratkan pada pendidikan nilai dan moral siswa bertujuan untuk menjadikan warga negara Indonesia cerdas, terampil, dan berkarakter serta mampu mengikuti kemajuan teknologi sesuai yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pembelajaran PKn di sekolah dasar yang efektif tidak lepas dari pemanfaatan model pembelajaran yang tepat salah satunya adalah model pembelajaran kooperati tipe Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui gambaran pembelajaran PKn melalui model kooperatif tipe snowball throwing terhadap siswa di SDN No. 5 Pasui, (2) Untuk mengetahui gambaran karakter siswa di SDN No. 5 Pasui, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PKn melalui model kooperatif tipe snowball throwing terhadap karakter siswa di SDN No. 5 Pasui. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design, teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket siswa, sedangkan teknik sampling menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada proses pembelajaran PKn di SDN No.5 Pasui berlangsung sangat efektif, hal ini ditandai dengan hasil observasi dalam kategori baik. (ii) Karakter siswa di SDN No. 5 Pasui sebelum diberikan perlakuan yaitu penerapan model kooperatif tipe snowball throwing berada dalam kategori yang rendah akan tetapi setelah diberikan perlakuan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing, maka karakter siswa yang meliputi karakter disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama mengalami perubahan ke kategori yang tinggi. (iii) Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berpengaruh signifikan terhadap karakter siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:26
Last Modified: 25 Apr 2018 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8041

Actions (login required)

View Item View Item