Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Keaktifan Belajar Siswadi SDN 59 Garotin Kabupaten Enrekang

AMANDA, SULASTRI (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Keaktifan Belajar Siswadi SDN 59 Garotin Kabupaten Enrekang. Masters thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL SULASTRI.doc

Download (271kB)

Abstract

ABSTRAK Mind Mapping adalah pengonsepan pemikiran siswa melalui pemikiran- pemikirannya terhadap materi yang dipelajarinya. Dalam hal ini pemilihan model Mind Mapping dianggap sebagai model yang cocok untuk mempermudah sisw adalam memahami materi dalam mata pelajaran. Peta pikir (mind map) adalah alternatif yang diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Pembelajaran menggunakan petapikiran merupakan salah satu model yang dapat dijadikan alternatif guru untuk mengajar. Peta pikiran adalah model yang baik bagi ingatan yang memudahkan siswa dapat mengingat banyak informasi karena dengan peta pikiran siswa cukup mengingat ide atau gagasan baru yang kreatif untuk dapat merangsang ingatan dengan mudah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran mind mapping di SDN 59 garotin Kabupaten Enrekang. (2) Untuk mengetahui gambaran keaktifan belajar siswa di SDN 59 garotin Kabupaten Enrekang. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap keaktifan belajar siswa di SDN 59 garotin Kabupaten Enrekang. Lokasi penelitian ini adalah di SDN 59 garotin Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design. Pengujian variabel bebas dan terikat dilakukan terhadap sampel. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, dan analisis inferensial yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran mind mapping pada pembelajaran IPS terlaksana dengan baik, dimana keaktifan belajar siswa meningkat pada kategori tinggi, (2) Gambaran tingkat keaktifan belajar siswa di SD Negeri 59 Garotin berada pada kategori rendah sebelum memperoleh penerapan model pembelajaran mind mapping. Setelah penerapan model pembelajaran mind mapping dilaksanakan tingkat keaktifan belajar siswa berada pada ketogori Tinggi, dan (3) Pelaksanaan penerapan model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa di SDN 59 Garotin Kab.Enrekang. Kata kunci : pembelajaran mind mapping,keaktifan belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:20
Last Modified: 25 Apr 2018 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8040

Actions (login required)

View Item View Item