Penerapan Pembelajaran Model Inquiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 1V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Nur, Herman (2014) Penerapan Pembelajaran Model Inquiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 1V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
7.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kelas 1V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model inquiri pada pelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model inquiri pada pelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa dengan materi pembelajarannya adalah magnet. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Pada siklus I, hasil observasi guru rata-rata berada pada kategori cukup untuk semua aspek yang dinilai sedangkan hasil observasi siswa, rata-rata siswa berada pada kategori cukup untuk masing-masing aspek yang dinilai dan hasil belajar yang diperoleh menunjukkan rata-rata nilai berada pada kategori kurang serta tidak memenuhi indikator keberhasilan sehingga proses pembelajaran dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II hasil observasi guru rata-rata berada pada kategori baik untuk semua aspek yang dinilai sedangkan hasil observasi siswa, rata-rata siswa berada pada kategori baik untuk masing-masing aspek yang dinilai dan hasil belajar yang diperoleh menunjukkan rata-rata nilai berada pada kategori baik dan telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga proses pembelajaran dinyatakan berhasil. Berdasarkan hasl penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penerapan metode inquiri dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:12
Last Modified: 25 Apr 2018 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8039

Actions (login required)

View Item View Item