Kontribusi pengasuhan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SDN se Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang

Sukriani S, Sukriani S (2017) Kontribusi pengasuhan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SDN se Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL sukriani.doc

Download (279kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan 1.Untuk mengetahui bagaimana gambaran pengasuhan orang tua pada siswa di SDN Se Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang,2. Untuk mengetahui bagaimana gambaran motivasi belajar pada siswa di SDN Se Kecamatan Masalle, Kabupaten Enrekang, dan 3.Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengasuhan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SDN Se Kecamatan Masalle, Kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian korelatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu pengasuhan orang tua, motivasi belajar dan hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di SDN 177 Lo’ko dan SDN 185 Bulo kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Dalam proses pengolahan data dianalisis dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 24.0 for Windows, khusus untuk analisis indek gain menggunakan Microsoft Excel. Dari hasil penelitian menunjukkan (1) Pengasuhan orang tua sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SDN Se Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang yaitu dalam hal ini diwakili oleh dua sekolah yaitu SDN 177 Lo’ko dan SDN 185 Bulo, karena sebanyak 4 orang atau 8.16% siswa yang memiliki orang tua dengan pengasuhan tinggi dengan nilai hasil belajar rata-rata 83, sebanyak 19 orang atau sebesar 38.8% siswa yang memiliki orang tua dengan pengasuhan sedang dengan nilai hasil belajar rata-rata 85. Dan sebanyak 26 orang atau 53% siswa yang memiliki orang tua dengan pengasuhan rendah dengan nilai hasil belajar rata-rata 81.3 (2) Motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai, begitupun sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa di sekolah maka semakin rendah pula hasil belajar siswa tersebut. (3) Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana maka diketahui bahwa pengasuhan orang tua di SDN di Kesamatan Masalle Kabupaten Enrekang sebanyak 4 orang atau 8.16% siswa yang memiliki orang tua dengan pengasuhan tinggi dengan nilai hasil belajar rata-rata 83, sebanyak 19 orang atau sebesar 38.8% siswa yang memiliki orang tua dengan pengasuhan sedang dengan nilai hasil belajar rata-rata 85. Dan sebanyak 26 orang atau 53% siswa yang memiliki orang tua dengan pengasuhan rendah dengan nilai hasil belajar rata-rata 81.3. Dari hasil analisis tadi maka dapat disimpulkan bahwa pengasuhan orang tua sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di sekolah. Kata kunci : pengasuhan orang tua, motivasi belajar dan hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:06
Last Modified: 25 Apr 2018 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8037

Actions (login required)

View Item View Item