Penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV-B SDIT Wahdah Islamiyah Kota Makassar

Azizah, Nur (2014) Penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV-B SDIT Wahdah Islamiyah Kota Makassar. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
6.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV-B SDIT Wahdah Islamiyah Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan SAVI dalam pembelajaran matematika pada siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV-B SDIT Wahdah Islamiyah Kota Makassar dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 36 siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dan hasil belajar Matematika siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika pada siswa setelah diterapkan pendekatan SAVI dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari tes hasil belajar yang diberikan. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I berada pada kategori sedang karena guru belum mengimplementasikan rencana pembelajaran secara optimal. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini dipacu oleh refleksi yang dilakukan oleh guru pada siklus I dan implementasi terhadap rencana pembelajaran sudah sangat optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV-B SDIT Wahdah Islamiyah Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 01:49
Last Modified: 25 Apr 2018 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8036

Actions (login required)

View Item View Item