Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Pemahaman Interpretatif Melalui Penerapan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing (AMBT) Di Kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Asrinah, Asrinah (2014) Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Pemahaman Interpretatif Melalui Penerapan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing (AMBT) Di Kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (67kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan siswa dalam membaca pemahaman interpretatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman interpretatif melalui penerapan strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing (AMBT) di kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman interpretatif melalui penerapan strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing (AMBT) di kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni 1) Penerapan strategi AMBT pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 2) Kemampuan membaca pemahaman interpretatif siswa. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 39 siswa yang terdiri atas 22 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup kemudian pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing (AMBT) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman interpretatif di kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 01:41
Last Modified: 25 Apr 2018 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8035

Actions (login required)

View Item View Item