Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 133 Duampanua Kabupaten Pinrang.

IRMAYANTI, ANDI (2014) Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 133 Duampanua Kabupaten Pinrang. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 133 Duampanua Kabupaten Pinrang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 133 Duampanua Kabupaten Pinrang ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 133 Duampanua Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun fokus penelitian ini adalah penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dan peningkatan hasil belajar matematika. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 133 Duampanua Kabupaten Pinrang dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 7 perempuan dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan belum mencapai taraf keberhasilan, sedangkan pada siklus II dikategorikan baik dan telah mencapai taraf keberhasilan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus dengan peningkatan persentase ketuntasan siklus I dikategorikan sedang namun belum tuntas secara klasikal, sedangkan pada siklus II dikategorikan tinggi dan telah tuntas secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 133 Duampanua Kabupaten Pinrang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 01:25
Last Modified: 25 Apr 2018 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8029

Actions (login required)

View Item View Item