Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kreativitas Belajar Siswa SDN 116 Kabupaten Enrekang

MALIKI, MALIKI (2017) Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kreativitas Belajar Siswa SDN 116 Kabupaten Enrekang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL MALIK.doc

Download (137kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai : (1) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD di SDN 116 Kabupaten Enrekang. (2) Kreativitas belajar siswa di SDN 116 Kabupaten Enrekang, dan (3) Pengaruh pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kreativitas belajar siswa di SDN 116 Kabupaten Enrekang.Penelitian Pre Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pre-Test Post-Test ini mengandung satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas adalah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan variabel terikat adalah kreativitas belajar siswa SDN 116 Kabupaten Enrekang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 116 Kabupaten Enrekang . Sampel dipilih dengan tekhnik Simple Random Sampling, sehingga dipilih kelas VI A sebagai sampel penelitian. diberi perlakuan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi. Teknik angket digunakan untuk mengukur variabel terikat yaitu kreativitas belajar siswa. Teknik observasi digunakan untuk mengontrol pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik analisis data digunakan adalah uji paired sample T-Test dan interpretasi dengan SPSS versi 20 dengan taraf signifikansi 0.05. Berdasarkan table hasil uji paired sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,002 yang lebh kecil daripada α = 0,05 yang berarti bahwa H0 pada hipotesis statistik ditolak (H1 diterima), sehingga diperoleh hasil yang menyebutkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara Kreativitas belajar siswa SDN 116 Kabupaten Enrekang jika ditinjau dari pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Karena terdapat perbedaan Kreativitas belajar siswa, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Kreativitas belajar siswa SDN 116 di Kabupaten Enrekang.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 01:31
Last Modified: 25 Apr 2018 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8028

Actions (login required)

View Item View Item