Keefektifan Metode Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Menulis Puisi Parnasian Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bungku Kabupaten Morowali

NURJANNAH, NURJANNAH (2016) Keefektifan Metode Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Menulis Puisi Parnasian Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bungku Kabupaten Morowali. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
4 ARTIKEL IBU AJI NURJANNAH.docx

Download (33kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan penggunaan metode Think Pair Share (TPS) dan metode konvensional dalam pembelajaran menulis puisi parnasian siswa kelas X SMA Negeri 1 Bungku Kabupaten Morowali. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 1 Bungku Kabupaten Morowali yang berjumlah 247 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purporsive sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini adalah tes hasil menulis puisi parnasian. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik tes. Data hasil penelitian dianlisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode Think Pair Share (TPS) efektif digunakan dalam menulis puisi parnasian. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya siswa yang mampu menulis puisi parnasian, yaitu sebesar (86.7%) dengan nilai rata-rata 81.83; (2) metode konvensional tidak efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi parnasian. Hal tersebut dibuktikan oleh kurangnya siswa yang mampu menulis puisi parnasian, yaitu hanya sebesar (46.67%) dengan nilai rata-rata 71.79; (3) ada perbedaan keefektifan penggunaan metode Think Pair Share (TPS) dan metode konvensional dalam pembelajaran menulis puisi parnasian siswa kelas X SMA Negeri 1 Bungku Kabupaten Morowali. Hasil analisis uji-t yang menunjukkan thitung ≥ ttabel yaitu 7.477 ≥ 2.00. Ini berarti secara signifikan HO ditolak dan H1 diterima sehingga ada perbedaan keefektifan penggunaan metode Think Pair Share (TPS) dan metode konvensional dalam pembelajaran menulis puisi parnasian siswa kelas X SMA Negeri 1 Bungku Kabupaten Morowali. Dalam hal ini, metode Think Pair Share (TPS) lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi parnasian dibandingkan metode konvensional. Sesuai dengan hasil penelitian diajukan saran, yaitu (1) pembelajaran menulis, khususnya menulis puisi parnasian sebaiknya dilaksanakan dengan berbagai variasi, satu diantaranya dengan menggunakan metode Think Pair Share (TPS). (2) siswa diharapkan lebih giat melakukan latihan menulis puisi parnasian sehingga kemampuan siswa dalam menulis puisi parnasian semakin meningkat. Kata kunci: Keefektifan, Metode Think Pair Share (TPS), Puisi. V

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 01:12
Last Modified: 25 Apr 2018 01:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8025

Actions (login required)

View Item View Item