Hubungan Antara Pemberian Tugas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 100 Dare Bunga-Bungae Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.

Mentari, Sisilia (2014) Hubungan Antara Pemberian Tugas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 100 Dare Bunga-Bungae Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (68kB) | Preview

ABSTRAK Studi ini mengkaji pemberian tugas pelajaran oleh guru di sekolah dengan motivasi melakukan aktivitas belajar. Masalah utama penelitian, yaitu: (1) bagaimanakah gambaran pemberian tugas, (2) bagaimanakah gambaran motivasi belajar siswa, (3) adakah hubungan antara pemberian tugas dengan motivasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 100 Dare Bunga-bungae Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah Studi Korelasi dengan Pendekatan Kuantitatif Deskriptif. Populasi sekaligus sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 100 Dare Bunga-bungae Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng sebanyak 44 orang. Pengumpulkan data dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data diolah dengan analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini yaitu: (1) pemberian tugas pelajaran oleh guru di kelas V SD Negeri 100 Dare Bunga-Bungae dalam kategori cukup baik, (2) motivasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 100 Dare Bunga-Bungae dalam kategori cukup tinggi, dan (3) ada hubungan positif antara pemberian tugas dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 100 Dare Bunga-Bungae Kecamatan Lilirilau. Sehubungan hal itu maka disarankan kepada guru agar dalam memberikan tugas harap memperhatikan aspek efektifitas pemberian tugas dari segi kualitas dan kuantitas pemberian tugas, karena kenyataannya masih terdapat sebagian siswa yang merespon kurang baik tugas-tugas yang diberikan sehingga dapat membebani dirinya secara psikologis, dan siswa hendaknya menyadari pentingnya mengerjakan tugas-tugas pelajaran yang diberikan oleh guru dan berupaya agar tugas-tugas tersebut tidak menimbulkan beban psikologis dalam pengerjaannya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 00:55
Last Modified: 25 Apr 2018 00:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8024

Actions (login required)

View Item View Item