Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman (Penelitian Etnografi) di SMA Islam Athirah Bukit Baruga Makassar

B.J.GUNAWAN, B.J.GUNAWAN (2015) Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman (Penelitian Etnografi) di SMA Islam Athirah Bukit Baruga Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (46kB)

Abstract

ABSTRAK Studi dalam penelitian ini mengenai budaya pembelajaran keterampilan berbicara di SMA Islam Athirah Bukit Baruga Makassar. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pendekatan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman?. 2) Bagaimana pengembangan silabus keterampilan berbicara bahasa Jerman? 3) Bagaimana peran peserta didik, guru, dan materi dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman?. 4) Bagaimana penilaian pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman? Tujuan penelitian ini yaitu : 1) memperoleh data tentang pendekatan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman. 2) memperoleh data tentang pengembangan silabus pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman. 3) memperoleh data tentang peran peserta didik, guru dan materi pada pembelajaran keterampilan berbicara. 4) memperoleh data tentang penilaian pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman. Jenis penelitian ini ialah penelitian etnografi yang dilakukan dengan penerapan beberapa langkah-langkah penelitian beradasarkan Teori James P. Spradley (2007). Penelitian Etnografi ini difokuskan pada budaya pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Islam Athirah Bukit Baruga Makassar dengan sumber data utama adalah peristiwa proses pembelajaran informan dalam hal ini guru dan peserta didik serta dokumen informasi yang berhubungan dengan proses pelaku pembelajaran. Instrumen penelitian adalah peneliti dengan field note, observasi, dan wawancara mendalam. Adapun teknik analisis penelitian ini adalah 1) Analisis Domain, 2) Analisis Taksonomi, 3) Analisis Komponen, dan 4) Analisis Tema Budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Islam Athirah Bukit Baruga belum optimal disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu 1) Faktor Linguistik. 2) Faktor Psikologis, dan 3) Perangkat Pembelajaran. Dari beberapa faktor tersebut dapat disimpulkan bahwa ketidaktercapaian tujuan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman disebabkan oleh tidak maksimalnya peran guru dan peserta didik dalam menumbuhkan budaya berbicara di kelas melalui latihan dan pembiasaan yang berkelanjutan, pelaksanaan pengembangan silabus yang tidak efektif dan penilaian yang tidak menggunakan sumber yang valid.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA JERMAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 01:06
Last Modified: 25 Apr 2018 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8023

Actions (login required)

View Item View Item