Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Keaktifan Belajar Murid di Kelas V SD. Inpres Cilallang Kecamatan Rappocini Kota Makassar

ROCHAENI, ROCHAENI (2016) Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Keaktifan Belajar Murid di Kelas V SD. Inpres Cilallang Kecamatan Rappocini Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL ROCHAENI.doc

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan pembelajaran tematik terpadu, keaktifan belajar, dan menguji pengaruh pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu terhadap keaktifan belajar murid di kelas V SD. Inpres Cilallang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan true eksperimental design yaitu dengan pre-test-post-test control group design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: Variabel bebas yaitu pembelajaran tematik terpadu, dan variabel terikat yaitu keaktifan belajar murid. Populasi dalam penelitian ini adalah murid di kelas V SD. Inpres Cilallang tahun ajaran 2015/2016, berjumlah 50 murid yang terdiri dari 2 (dua) kelas. Sampel diambil secara acak berjumlah 50 murid dengan memperhatikan unsur-unsur homogenitas dari populasi tersebut, selanjutnya diambil secara sistematik sesuai langkah yang sudah ditetapkan melalui tehnik matching group kemudian dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan eksperimen masing-masing 25 murid. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktifitas murid dan guru. Instrumen tersebut telah divalidasi oleh validitor ahli dan Validasi empiris. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi: Uji Normalitas Data, Uji Homogenitas Data dan Uji Hipotesis yaitu uji perbedaan rerata dua sampel bebas dengan menggunakan analisis uji hasil tes akhir terkoreksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scintifik di kelas V SD. Inpres Cilallang yang terdiri dari kegiatan awal, inti dan akhir berdasarkan tema pada umumnya terlaksana dengan baik, (ii) keaktifan belajar murid kelas V SD. Inpres Cilallang sebelum pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu berada pada kategori kurang aktif dan cukup aktif pada kelompok kontrol maupun pada kelompok eksperimen. Setelah diberi perlakuan yaitu pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu pada kelompok eksperimen dan pembelajaran dengan metode yang lain pada kelompok kontrol, maka terjadi peningkatan keaktifan belajar pada kedua kelompok menjadi tingkat aktifitas kategori aktif dan sangat aktif, sekalipun demikian nilai rata-rata tingkat aktifitas dan persentase peningkatan kelompok ekperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol, (iii) terdapat pengaruh pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu terhadap aktifitas belajar murid di kelas V SD. Inpres Cilallang Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 00:40
Last Modified: 25 Apr 2018 00:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8021

Actions (login required)

View Item View Item