Analisis Pelaksanaan Pembelajaran pada Program Praktek Lapangan (PPL II) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Kie Raha Ternate

WALI, ISNAIN (2017) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran pada Program Praktek Lapangan (PPL II) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Kie Raha Ternate. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ISNAIN.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (i) kompetensi pedagogik mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Kie Raha Ternate dalam melaksanakan pembelajaran pada Program Praktek Lapangan II, (ii) kompetensi profesional mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Kie Raha ternate dalam melaksanakan pembelajaran pada Program Praktek Lapangan II. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berfokus pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Kie Raha Ternate dalam melaksanakan pembelajaran selama mengikuti PPL II. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Kie Raha Ternate yang sedang melaksanakan PPL II tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 4 orang yang dipilih berdasarkan skor hasil angket. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, observasi, dan wawancara dengan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Kompetensi pedagogik mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Kie Raha Ternate yang mengikuti PPL II pada tahun ajaran 2016/2017 dideskripsikan dalam tiga kategori yaitu: (1) subjek tinggi memahami karakteristik peserta didik, mengembangkan perangkat pembelajaran, dan melakukan penilaian/evaluasi dengan baik, namun kurang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, (2) subjek sedang mengembangkan perangkat pembelajaran dan melakukan penilaian/evaluasi dengan baik namun kurang memahami peserta didik serta kurang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, (3) subjek rendah mengembangkan perangkat pembelajaran dengan baik namun tidak berupaya memahami karakteristik peserta didik, kurang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan kurang baik dalam melakukan penilaian/evaluasi; (ii) Kompetensi profesional mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Kie Raha Ternate yang mengikuti PPL II pada tahun ajaran 2016/2017 dideskripsikan dalam tiga kategori yaitu: (1) subjek tinggi menguasai bahan ajar, mengelola interaksi belajar, mengembangkan kemampuan mengajar, dan menunjukkan wawasan penelitian yang baik, (2) subjek sedang kurang menguasai bahan ajar, kurang baik dalam mengelola kegiatan pebelajaran, memiliki wawasan yang kurang tentang penelitian, dan tidak berupaya mengembangkan kemampuan mengajar, dan (3) subjek rendah kurang menguasai bahan ajar, tidak mengelola interaksi belajar mengajar agar lebih efektif, tidak berupaya mengembangkan kemampuan mengajar dan tidak berupaya menambah wawasan tentang penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 00:27
Last Modified: 25 Apr 2018 00:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8020

Actions (login required)

View Item View Item