Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 219 Inpers Pannambungan Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros.

SAHRIAH, SAHRIAH (2014) Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 219 Inpers Pannambungan Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (94kB) | Preview

ABSTRAK Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada siswa kelas IV SDN 219 Inpres Pannambungan Pada Pelajaran Bahasa Indonesia.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia di kelas IV SDN 219 Inpres Pannambungan? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kemampuan berbahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 219 Inpres Pannambungan dengan menggunakan metode bercerita . Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Adapun focus penelitian terdiri dari penerapan metode bercerita dan hasil belajar siswa.Setting penelitian bertempat di SDN 219 Inpres Pannambungan Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros yang terdiri Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa Kelas IV sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 18 perempuan dan 14 laki-laki. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi,sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan teradinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus,yaitu pada siklus I berada pada kategori kurang,sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Untuk hasil observasi guru diperoleh data peningkatan aktivitas guru dari setiap silklus yaitu pada siklus I mendapat kategori baik dan pada siklus II tetap berada pada kategori baik. Sedangkan untuk hasil observasi siswa juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu pada siklus I terdapat aspek yang mendapat kategori kurang dan pada siklus II mendapat kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 08:23
Last Modified: 24 Apr 2018 08:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8018

Actions (login required)

View Item View Item