Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperetif Tipe STAD dengan Mengoptimalkan Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 31 Makassar

KARTINI, KARTINI (2017) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperetif Tipe STAD dengan Mengoptimalkan Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 31 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL_PENELITIAN_KARTINI_PPS_MATEMATIKA_UNM_2017_OK.docx

Download (51kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach), yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, respons dan aktivitas siswa kelas VIIIB SMP Negeri 31 Makassar. Secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe STAD dengan mengoptimalkan tutor sebaya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 31Makassar Propinsi Sulawesi Selatan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIB pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dengan masing-masing siklusI disajikan selama 5 kali tindakan dan1 kali pemberian tes hasil belajar dan pengisian angket respons siswa. siklus II disajikan selama 3kali tindakan dan 1 kali pemberian tes hasil belajar dan pengisian angket respons siswa. Data aktivitas pembelajaran diperoleh dengan lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar observasi aktivitas guru yang bersifat terbuka, data hasil belajar siswa diperoleh dari tes hasil belajar, dan respons positif matematika diperoleh dengan lembar angket respons siswa. Data hasil penelitian menunjukkan: (a) rata-rata hasil tes peserta didik pada siklus I yaitu 69,65 meningkat menjadi 86,64 pada siklus II; (b) respons siswa meningkat dari 3,58 pada siklus I menjadi 3,91 pada siklus II; (c) aktivitas siswa meningkat pada tiap pertemuan, (keaktifan tutor dan setiap anggota kelompok meningkat setiap pertemuan) Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan mengoptimalkan tutor sebaya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada kelas VIIIB SMP Negeri 31 Makassar Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Tutor Sebaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 08:19
Last Modified: 24 Apr 2018 08:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8013

Actions (login required)

View Item View Item