Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasikan Teks Drama Pada Siswa Kelas V SDN 18 Belang-Belang Kecamatan Lau Kabupaten Maros

LATIEF, PARIDAH (2014) Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasikan Teks Drama Pada Siswa Kelas V SDN 18 Belang-Belang Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
N.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatiannya, belum maksimalnya kegiatan belajar mengajar sehiungga menjadikan swiswa jenuh, sulit memahami materi sehingga belum maksimalnya hasil belajar bahasa Indonesia. Kegiatan model pembelajaran dengan bermain peran untuk meningkatrkan kemampuan mengapresiasikan tesk drama pada siswa kelas V SDN 18 Belang-belang permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan mengapresiasi teks drama melalui penerapan metode bermain pada siswa kelas v SDN 18 Belang-belang. bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan kemampuan mengapresiasikan teks drama melalui penerapan metode bermain peran pada siswa kelas V SD Negeri No. 18 Belang-Belang Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 orang, yang yang terdiri atas 16 laki-laki dan 11 permpuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda setelah proses pembelajaran berlangsung. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah kemampuan mengapresiasikan teks drama melaui penerapan metode bermain peran pada siswa kelas V SD Negeri No. 18 Belang-Belang Kecamatan Lau Kabupaten Maros pada siklus I yaitu pada siklus pertama dalam kategori cukup dan belum memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan, kemudian siklus kedua dalam kategori baik dan telah memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan. Terjadinya peningkatan kemampuan mengapresiasi teks drama melalui penerapan metode bermain peran didukung oleh peningkatan aktivitas belajar siswa, berupa: keaktifan menyimak penjelasan guru, mencatat materi pelajaran, bekerjasama dalam kelompok, bertanya jawab, dan menyimpulkan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 08:08
Last Modified: 24 Apr 2018 08:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8012

Actions (login required)

View Item View Item