Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas II (B) SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Muslimah, Muslimah (2014) Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas II (B) SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
I.pdf

Download (54kB) | Preview

ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas II (B) SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan berbicara Siswa Kelas II (B) SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar ?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas II (B) SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas II (B) dengan jumlah siswa 32 orang dengan materi mendengarkan cerita dongeng. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru, dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Pada siklus I aspek aktivitas guru yang berada pada kategori cukup. Pada siklus II aspek yang berada pada kategori baik. Aktivitas belajar siswa dari kategori baik pada siklus I berada pada kategori cukup siklus II berada pada kategori baik. Demikian pula hasil belajar siswa siklus I dalam kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas II (B) SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:52
Last Modified: 24 Apr 2018 07:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8008

Actions (login required)

View Item View Item