Keefektifan MetodeKonstruktivismedalamPembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMAN 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru”. Tesis pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Eryanto, Eryanto (2017) Keefektifan MetodeKonstruktivismedalamPembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMAN 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru”. Tesis pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ERYANTO.docx

Download (38kB)

Konstruktivisme ialah mengembangkan pemikiran siswa akan belajar lebih bermakna dengan cara belajar sendiri, menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya. Terdapat lima elemen belajar konstruktivisme yaitu, satu pengaktifan pengetahuan yang sudah ada. dua, pemerolehan pengetahuan baru. tiga, pemahaman pengetahuan yang sudah ada. empat, mempraktikkan pengetahuan dan pengalaman. lima melakukan refleksi terhadap strategi pengembangan pengetahuan baru. Penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental dengan rancangan control group pretest-postes dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis inferensial (uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t statistik) Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa sebelum menerapkan metode konstruktivisme (ii) untuk mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa setelah diterapkan metode konstruktivisme (iii) untuk mengukur mengukur metode konstruktivisme efektif atau tidak digunakan pada siswa kelas X SMAN 1 Tanete Riaja Barru Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil pretes kelas X.4 terdapat 7 siswa yang memperoleh nilai antara 31-45 dan 24 siswa yang memperoleh nilai antara 46-60. Berdasarkan hasil tersebut nilai terendah 37 yang diperoleh satu siswa, sedangkan nilai tertinggi 57 diperoleh satu siswa. Dengan nilai rata-rata 49,13. Hasil menulis paragraf dikategorikan sedang. Sedangkan hasil posteskelas X.4 dengan menggunakan metode konstruktivisme terdapat 24 siswa memperoleh nilai antara 45-60 dan 7 siswa yang memperoleh nilai antara nilai 61-80. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh nilai terendah 49 yang diperoleh satu siswa dan nilai tertinggi 64 diperolah satu siswa dengan nilai rata-rata 56,54, hasil menulis paragraf deskripsi dikategorikan tinggi. (2) hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan independent sample test menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 11.281 sedangkan t-tabel sebesar 2,00 karna nilai t-hitung > t-tabel (11.281 > 2.00) atau signifikansi 0,00 ≤ 0,05. Sehingga dapat disimpulkan menolak H0dan menerima H1.dengan demikian, terdapat efektivitas hasil belajar menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan metode konstruktivismepada siswa kelas X.4 SMAN Negeri I Tanete Riaja Barru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa menulis Paragraf deskripsi kelas X SMA Negeri 1 Tanete Riaja kabupaten Barru dengan menggunakan metode Konstruktivismelebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Kata kunci: Metode konstruktivisme

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:44
Last Modified: 24 Apr 2018 07:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8004

Actions (login required)

View Item View Item