Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Berbicara Melalui Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 051 Inpres Lampa.

Sarah, Rizky May (2014) Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Berbicara Melalui Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 051 Inpres Lampa. S1 thesis, FIP.

[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbiacara pada kelas IV SD Negeri 051 Inpres Lampa kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah penerapan metode cooperative script dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD 051 Inpres Negeri Lampa, Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Negeri 051 Inpres Lampa Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini dilaksanakan II Siklus, tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Focus penelitian yakni 1) penerapan metode cooperative script dalam pembelajaran kelas IV dengan cara berbicara di dipan kelas (bertukar peran) pendengar dan pembicara masing-masing memperhatikan susunan kata-katanya. 2) hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas IV yang diperoleh dari hasil tes setiap akhir pembelajaran. Subjek penelitian yakni seorang guru dan 30 siswa yang terdiri atas 19 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru pada siklus I masih menujukkan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Aspek keterampilan berbicara SD Negeri Inpres 051 Lampa Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:33
Last Modified: 24 Apr 2018 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8001

Actions (login required)

View Item View Item