Penerapan Pembelajaran Satu-Satu untuk Mengatasi Masalah Berbahasa Inggris: Sebuah Kajian yang Dilakukan pada Pembelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing

JUSPANINGSIH, JUSPANINGSIH (2015) Penerapan Pembelajaran Satu-Satu untuk Mengatasi Masalah Berbahasa Inggris: Sebuah Kajian yang Dilakukan pada Pembelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Article.docx

Download (51kB)

ABSTRAK Penelitian ini dimaksudkan untuk menguraikan tentang penerapan pembelajaran satu-satu sebagai solusi belajar terhadap masalah-masalah dalam berbahasa Inggris pada pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Fokus penelitian adalah pendapat para pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing mengenai pembelajaran satu-satu dan kegiatan berbicara yang diperoleh oleh para pembelajar bahasa asing dalam metode belajar satu-satu. Desain penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Instrumen pengumpulan data ini menggunakan wawancara semi-struktur, dokumentasi, dan observasi sebagai pertimbangan dalam mendapatkan data tentang kegiatan speaking. Dalam mengumpulkan data, peneliti melibatkan para pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang mengambil kursus yang fokusnya adalah speakin/berbicara pada sebuah tempat kursus Bahasa Inggris di Makassar. Ada 10 pembelajar bahasa asing yang bersedia mengikuti interview. Setelah mengumpulkan data-data, peneliti menganalisisnya berdasarkan prosedur analisis data yang diusulkan oleh Miles dan Huberman (1994) yang terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing menyatakan pendapat yang berbeda mengenai metode belajar satu-satu. Mereka mengatakan bahwa pembelajaran satu-satu itu baik, unggul, efisien, efektif, menyenangkan, fleksibel, dan hening. Kemudian, ada beberapa kegiatan berbicara yang biasanya diperoleh oleh para pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing selama proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Kegiatan-kegiatan berbicara tersebut adalah topik diskusi, menjelaskan gambar, permainan-permainan speaking yang terdiri dari permainan papan speaking dan permainan domino, tanya jawab, menceritakan aktifitas sehari-hari, menceritakan pengalaman, menceritakan kesukaan, bertukar peran, menceritakan ulang film.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:30
Last Modified: 24 Apr 2018 07:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8000

Actions (login required)

View Item View Item