Pelaksanaan Mutasi Guru di Kabupaten Polewali Mandar Studi Kasus 2009 - 2012

MUH, SABRI (2013) Pelaksanaan Mutasi Guru di Kabupaten Polewali Mandar Studi Kasus 2009 - 2012. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Muh. Shabri..docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Muh.Shabri. 2014. Pelaksanaan Mutasi Guru di Kabupaten Polewali Mandar Studi Kasus 2009 - 2012 (dibimbing oleh H. Mansyur Hamid dan Marsus Suti). Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk memperoleh gambaran mekanisme (pelaksanaan, pengorganisasian, dan pengawasan) mutasi guru di kabupaten Polewali Mandar (ii) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mekanisme (pelaksanaan, pengorganisasian, dan pengawasan) mutasi guru di kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan peneltitian adalah studi kasus pada tingkat oraganisasi. Penelitian ini menggambarkan secara mendalam pelaksanaan mutasi guru di Kabupaten Polewali Mandar. Sumber data dalam penelitian ini ditetapkan secara purposive, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi yang diabsahkan melalui triangulasi dan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) mekanisme mutasi guru di Kabupaten Polewali Mandar telah berjalan walaupun belum sepenuhnya sesuai dengan norma standar yang berlaku : Pengorganisasian, telah dilakukan dengan pembagian beban pekerjaan atau tugas, wewenang dan tanggung jawab yang dapat dilaksanakan oleh satu orang. Pengadaan dan pengembangan suatu mekanisme untuk mengkordinasikan beban pekerjaan atau tugas, wewenang,dan tanggung jawab dari orang atau staf yang telah ditempatkan. Pelaksanaan, Pelaksanaan mutasi meliputi bentuk mutasi secara horizontal dan vertikal, dasar mutasi meliputi merit system, seniority system, dan spoil system. Pengawasan, Penetapan standar mutasi, pembandingan pelaksanaan dengan standar analisis penyimpangan mutasi,dan pengambilan tindakan koreksi bila diperlukan telah dilakukan tetapi tidak ada dokumen yang dapat menjelaskan terkait dengan fungsi pengawasan yang telah dilaksanakan, (ii) Faktor-faktor yang mempengaruhi mekanisme mutasi guru terkait dengan berjalannya pemerintahan otonomi daerah dimana keputusan selalu berada pada penentu kebijakan tertinggi sehingga kewenangan dan system prosedur tidak lepas dari pengaruh nepotisme dan politik mengakibatkan keputusan yang dihasilkan dapat menimbulkan dampak negative baik dari segi administrasi Negara maupun pelayanan pendidikan pada satuan pendidikan. ABSTRACT Muh. Shabri. 2014. The Implementation of Teacher Mutation in Polewali Mandar District. A Case Study in 2009 – 2012 ( supervised by Mansyur Hamid and Marsus Suti ). The study aimed at discovering (i) the description of the mechanism (the implementation, organization, and supervision) of teacher mutation in Polewali Mandar district (ii) the factors which influence the mechanism of teacher mutation in Polewali Mandar district. The study was a descriptive qualitative with a case study on teacher mutation in district level. The study described in-depth on the implementation of teacher mutation in Polewali Mandar district. The data sources were determined purposively. Data were collected through interview and documentation which validated by conducting triangulation and member check. The results of the study revealed that (i) the mechanism of teacher mutation in Polewali Mandar district was conducted although it was not fully conducted according to the standard norms. The organization was conducted with task distribution, authority, and responsibility by one person. Procurement and development of a mechanism to coordinate the task, authority, and responsibility was conducted by a posted staff. The implementation of mutation covered horizontal and vertical mutation, the basic of mutation covered merit system, seniority system, and spoil system. Supervision on the determination of mutation standard and correction action when needed was conducted; however, there was no document which explained the the supervision on the function which had been conducted, (ii) the factor which influenced the mechanism of teacher mutation related to local autonomy was in the hand of the highest policy making that the authority and the procedure system was influenced by nepotism and politic which caused the decision had negative impact both in state administrative perspective and education services.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 05:16
Last Modified: 28 Jun 2016 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item