Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO Ditinjau dari Gaya Kogntif dan Gender

MALLISA’, PATRICIA LUSI (2015) Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO Ditinjau dari Gaya Kogntif dan Gender. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL.docx

Download (44kB)

Pemecahan masalah matematika telah diteliti oleh banyak ahli namun pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO (Structure of Obsrved Learning Outcomes) ditinjau dari gaya kognitif dan gender masih kurang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan menggambarkan profil pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO ditinjau dari gaya kognitif dan gender. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui profil pemecahan masalah matematika dengan cara mengungkap dan mengklasifikasikan kemampuan siswa dalam merespon suatu masalah yang ditunjukkan siswa ke dalam 4 level kemampuan merespon suatu masalah menurut taksonomi SOLO yaitu unistruktural, multistruktural, relasional, dan abstrak yang diperluas. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu tes GEFT, tes superitem, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sangalla’ yang terdiri dari 2 orang siswa gender laki-laki bergaya kognitif field independent, 2 orang siswa gender perempuan bergaya kognitif field independent, 2 orang siswa gender laki-laki bergaya kognitif field dependent dan 2 orang siswa gender perempuan bergaya kognitif field dependent. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis tugas dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (a) subjek gender laki-laki bergaya kognitif field independent (LFI) menunjukkan kecenderungan berpikir yang relatif sama pada level unistruktural, multistruktural, dan relasional dan kecenderungan berpikir yang berbeda pada level abstrak yang diperluas. (b) subjek gender perempuan bergaya kognitif field independent (PFI) menunjukkan kecenderungan berpikir pada level relasional, (c) subjek gender laki-laki bergaya kognitif field dependent (LFD) menunjukkan kecenderungan berpikir yang relatif sama pada level unistruktural dan multistruktural dan kecenderungan berpikir yang berbeda pada relasional dan kembali menunujukkan kecenderungan berpikir yang relatif sama pada level abstrak yang diperluas, (d) subjek gender perempuan bergaya kognitif field dependent (PFD) menunjukkan kecenderungan berpikir yang relatif sama pada level unistruktural dan multistruktural dan kecenderungan berpikir yang berbeda pada relasional dan level abstrak yang diperluas. Kata kunci : Pemecahan Masalah Matematika, Taksonomi SOLO, Gaya Kognitif, Gender

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:21
Last Modified: 24 Apr 2018 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7997

Actions (login required)

View Item View Item