Penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 30 Karanrang Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara Kabupaten Pangkep

HALIMAH, HALIMAH (2014) Penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 30 Karanrang Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara Kabupaten Pangkep. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (107kB) | Preview

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 30 Karanrang Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara Kabupaten Pangkep. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 30 Karanrang Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara Kabupaten Pangkep ? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode Inkuiri dalam meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 30 Karanrang Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD 30 Karanrang Kecamatan Liukang Tupabbiring berjumlah 20 orang, dengan rincian 10 murid laki-laki dan 10 murid perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk mengolah data mengenai proses pembelajaran dan teknik analisis data kuantitatif untuk mengolah data mengenai hasil belajar IPA siswa kelas V. Hasil penelitian yaitu dari data nilai hasil belajar siswa kelas V SD 30 Karanrang Kecamatan Liukang Tupabbiring pada mata pelajaran IPA dengan melihat nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Data hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 30 Karanrang Kecamatan Liukang Tupabbiring UtaraKabupaten Pangkep dapat meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:04
Last Modified: 24 Apr 2018 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7993

Actions (login required)

View Item View Item