Analisis Pengaruh Faktor Kesulitan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri Kota Kendari

ANAS, ANWAR (2016) Analisis Pengaruh Faktor Kesulitan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri Kota Kendari. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa untuk memahami dengan baik mata pelajaran Geografi di SMA Negeri di Kota Kendari, menganalisis pengaruh faktor-faktor kesulitan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, dan menganalisis upaya-upaya yang harus dilakukan agar siswa dapat mengatasi masalah kesulitan belajar siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan September sampai November 2015. Responden dari penelitian ini adalah 321 siswa kelas XI dan guru mata pelajaran Geografi dari 10 SMA Negeri di Kota Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan pengamatan langsung. Analisis faktor digunakan untuk mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran Geografi siswa dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 17. Faktor-faktor yang diamati adalah faktor internal, yang meliputi faktor biologis dan psikologis; serta faktor eksternal, yang meliputi faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 (sembilan) kelompok faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa untuk memahami dengan baik mata pelajaran geografi di SMA Negeri Kota Kendari, yaitu faktor psikologis siswa, faktor dukungan keluarga, faktor dukungan sekolah, faktor perhatian siswa, faktor minat siswa, faktor guru, faktor kondisi ekonomi keluarga, faktor hubungan antar siswa, dan faktor mata pelajaran geografi. Kesulitan belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Geografi. Faktor-faktor internal, faktor eksternal, maupun kedua faktor secara bersama-sama memiliki derajat keeratan hubungan atau keterkaitan yang kuat dan sangat kuat serta bersifat positif terhadap hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, makin baik dan makin mendukung kondisi dari faktor internal dan eksternal, maka akan makin baik pula hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh guru agar siswa dapat mengatasi masalah kesulitan belajar dan meningkatkan hasil belajar Geografi antara lain dengan penciptaan suasana pembelajaran yang kondusif melalui penataan letak duduk siswa, penggunaan metode diskusi, penggunaan alat peraga, pemberian motivasi dari orangtua/wali siswa serta dukungan pemerintah serta masyarakat. Sedangkan upaya yang dapat dilakukan siswa adalah persiapan belajar dengan baik, menjaga kesehatan, mengatur waktu belajar, dan berupaya memahami materi pelajaran geografi dengan baik. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan terhadap aspek psikologis siswa yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran Geografi sehingga dapat dirumuskan cara yang tepat dalam menanggulangi penyebab kesulitan belajar siswa dari sudut pandang psikologis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN GEOGRAFI (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:07
Last Modified: 24 Apr 2018 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7992

Actions (login required)

View Item View Item