Penerapan Pendekatan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas III SD YPS Lawewu Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur.

Nasrullah, Nasrullah (2014) Penerapan Pendekatan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas III SD YPS Lawewu Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Diploma thesis, FIP.

[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III SD YPS Lawewu Sorowako. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan penemuan terbimbing (Guided Discovery) terhadap mata pelajaran IPA pada siswa kelas III SD YPS Lawewu Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur? Dan bagaimanakah pendekatan penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD YPS Lawewu Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur? Tujuan penelitian ini untuk menerapkan pendekatan penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap mata pelajaran IPA pada siswa kelas III SD YPS Lawewu Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD YPS Lawewu Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur melalui penerapan pendekatan penemuan terbimbing (guided discovery), pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan penemuan terbimbing (Guided Discovery), hasil belajar siswa, dan aktivitas pembelajaran. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas III B dan siswa kelas III B SD YPS Lawewu Sorowako dengan jumlah siswa 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran,baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan baik dan telah mencapai taraf keberhasilan, dan pada siklus II dikategorikan baik dan telah mencapai taraf keberhasilan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus dengan peningkatan persentase ketuntasan siklus I dikategorikan tinggi dan telah tuntas secara klasikal, dan pada siklus II dikategorikan tinggi dan telah tuntas secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan penemuan terbimbing (Guided Discovery) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD YPS Lawewu Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:57
Last Modified: 24 Apr 2018 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7991

Actions (login required)

View Item View Item