Pengaruh Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP Negeri 33 Makassar

Djaka, Krishna Wisnu Budi Utomo (2015) Pengaruh Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP Negeri 33 Makassar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ArtikeLQ.docx

Download (83kB)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan penerapan model Discovery Learning dengan memperhatikan Kemampuan Verbal dalam pembelajaran Matematika materi bangun datar, untuk mengetahui perbedaan keefektifan penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah, dan model Discovery Learning dalam pembelajaran matematika materi bangun datar dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan verbal antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Berbasis Masalah, dan siswa yang diajar dengan model Discovery Learning dalam pembelajaran matematika materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 33 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksprimen (eksprimen semu) dengan desain Two Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 33 Makassar tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 8 kelas, dengan menggunakan teknik Random Sampling maka dari 8 kelas dipilih kelas VIIC dan kelas VIIE sebagai sampel penelitian. Kelas eksperimen yang terpilih tadi itulah yang menjadi unit satuan eksperimen dengan perlakuan yang sama yaitu akan diajar dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah dan model Discovery Learning Data dalam penelitian ini diperoleh dengan lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, instrumen tes hasil belajar matematika siswa dan angket kemampuan verbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas VIIC, data hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, data aspek aktivitas siswa berada pada kategori baik, dan data aspek respon siswa berada pada kategori cenderung positif. Hal serupa juga terjadi pada kelas VIIE dimana data hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, data aspek aktivitas siswa berada pada kategori baik, dan data aspek respon siswa berada pada kategori cenderung positif. Kata Kunci : Efektifitas, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Discovery Learning

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:03
Last Modified: 24 Apr 2018 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7990

Actions (login required)

View Item View Item